JRL 2012 Batal “Sesuai” Kejanggalan Selama Sebulan ini….

JRL 2012 ini sudah barang tentu aku tunggu-tunggu karena kesuksesan tahun lalu menghasilkan pengharapan yang cukup besar., bahkan dalam blog ini sudah dua tulisan yang aku angkat terkait JRL, yakni Line Up Kurang Greget dan Beli Tiket JRL. Salah satu event konser yang aku tunggu-tunggu tahun 2012 ini adalah JRL, terlebih mau ajak pacarku untuk nonton konser internasional untuk pertama kalinya. Ekspetasi langsung buyar ketika tahu kalau JRL tahun ini batal.

Berita pembatalan aku ketahui dari rekan kerja kemarin sore via komunikasi sms. Katanya, rumor JRL batal sudah sejak pagi, selasa 20 Juni 2012, namun baru resmi dilaunching ke publik sekitar jam 5-an ketika aku masih di jalan menuju rumah. Terakhir ku buka situs JRL jam 3-an tidak ada pengumuman apa-apa, bahkan Kamis pagi ini, portal JRL belum juga ada pengumuman apa-apa. Namun, berita di Roliing Stones dan Detik sudah menjelaskan semuanya: JRL 2012 Batal !. Kecewa bro!…..

Batalnya JRL 2012 ini sepertinya sudah aku rasakan berdasarkan kejanggalan selama ini seperti…

  1. tiket langsung dicetak tanpa resi/bon yang selama ini terjadi setiap beli tiket konser internasional, setidaknya seperti JRL 2011 tahun lalu. Sehingga terkesan “obral janji pasti jadi” neh konser JRL 2012, yang aku sebut sebagai sebuah keanehan.
  2. line up hingga sebulan sebelum konser masih tergolong artis internasional yang kurang greget, bahkan banyak yang tidak dikenal, setidaknya untukku. Dicari di Youtube, artis internasional yang akan tampil di JRL 2012 ini ternyata video-nya ditonton/dilihat dengan jumlah angka yang ngak fantastis, bahkan tidak ada yang mencapai 2.000.000 viewer. Sebut saja Mighty2 Boston, Yuct, Dillinger Escape Plan, dan Spirirualized. yang video utamanya (1-3 lagu) maksimal 1 juta-an, dan video lainnya tidak mencapai 1 jutaan, bahkan ada yang hanya dilihat cuma sampai 30-an ribu. Dikit tau!
  3. Selanjutnya, berbeda seperti tahun lalu, sebulan sebelum even, band besar sudah terpampang di situs JRL. Iklanpun gencar, sekarang minim iklan.
  4. Seperti diketahui, sponsor rokok telah meninggalkan JRL 2012 ini, aku yakin keuangan yang seharusnya menjadi pendukung terbesar event ini menjadi hilang. Bayar artis yang mahal cukup tidak memungkinkan jika hanya didukung oleh sponsor yang kini ada.
  5. Terkait dengan itu, perkambangan perekrutan artis Indonesia dan Internasional berjalan lambat. Hal demikian dapat terlihat pada jumlah line up dan jadwal konser per-hari-nya, bahkan ada band yang dijadwalkan main sampai 2 hari berturut-turut. Seminggu ini, band Seringai yang di line up-nya ada, tapi di jadwal hariannya ngak ada. Aneh, janggal….

Sejak sore lalu, aku berfikir jangan-jangan benar sms rekanku itu. Batal-nya JRL 2012 ini sepertinya “sesuai” dengan kejanggala yangku rasakan sebulan ini. Kecewa banget, selain ingin tepati janji, aku juga ingin nonton Dellinger Escape Plan, Lokomotif, Edane, Brandals, Kotak, Noxa, Dead squad, Seringai, stereocase, Master Wu, Pure Saturday, Trauma, dan Sigit. Kecewaaa…..

Selanjutnya, pagi ini aku membaca berita tentang kekecewaanku itu:

Pihak penyelenggara JRL membuat alasan pembatalan JRL 2012 ini sebagai berikut….

  1. Kami selalu berusaha menetapkan jadwal Java Rockin’land sebelum atau sesudah bulan Ramadhan yang mana menyebabkan jadwal pada tahun ini bertepatan dengan penyelenggaraan festival-festival music lain di Eropa, Amerika dan Jepang. Hal ini, menyebabkan Kami kesulitan mendatangkan artis utama yang menjadi wish list Java Rockin’land. Artis yang juga menjadi pilihan pengunjung setia Java Rockin’land tersebut telah terjadwal dan berkomitmen untuk hadir di festival-festival negara lain.
  2. JFP harus mengambil keputusan berani untuk membatalkan Java Rockin’land 2012, semata untuk tidak mengecewakan sponsor, Java Rockin’land goers, artis, dan partner yang mendukung penyelenggaraan festival ini. JFP merancang festival-festival produksi Kami, seperti Java Jazz Festival, Java Soulnation dan tentu saja Java Rockin’land, sebagai festival internasional yang menjadi kebanggaan nasional, sehingga tidak mungkin Kami mempersembahkan festival tersebut sepi pengunjung, apalagi dengan kualitas yang seadanya. JFP mengambil keputusan berani ini semata untuk tidak mengecewakan sponsor, Java Rockin’land goers, para artis yang akan tampil, dan partner yang bersungguh-sungguh mendukung terselenggaranya festival ini. JFP juga telah membicarakan keputusan ini dengan para sponsor, yang dengan sepenuhnya mendukung keputusan pembatalan penyelenggaraan Java Rockin’land 2012.

dodol….

6 thoughts on “JRL 2012 Batal “Sesuai” Kejanggalan Selama Sebulan ini….

    1. Iya, ane mantengin dari tuh situs ngeluarin line up sampe hari ini: 22 Juni, ketika dah dihapus…pupus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s