Semua berawal dari kegiatan cap 3 jari untuk ijazah. Ketika itu, terbesit sebuah ide untuk pertemukan sebanyak-banyaknya peserta didik Kelas XII IPS 4 untuk jalan bareng terakhir, sebuah acara perpisahan kelas. Oleh karena sudah cukup lama tidak berinteraksi, rasanya bicara di depan 20-an peserta didik rasanya cukup melelahkan. Mereka seperti masih galau  untuk memilih kampus mana untuk jalani kehidupan berikutnya di bidang pendidikan. Untuk singkat waktu karena saya banyak kerjaan, Gangga dan kelompok kecilnya saya percayakan untuk urus semua acara yang kemudian di sepakati tgl 23 Juni walaupun belum “deal” tempatnya.

Rencana dasarnya adalah di situ gintung tempat Kelas XI IPS 3 tahun lalu perpisahan. Oleh karena sudah penuh booking-an, akhirnya mereka memilih ke TMII. Acaranya molor 2 jam-an, saya menunggu di pinggir danau selama itu dan untungnya tidak jauh ada live music Koes Plus. Selain penontonnya sedikit, konser tersebut lama banget, sampai kami mau pulang tuch konser masih lanjut. Namun demikian, suasa “menunggu” jadi lumayan terhibur.

Sekitar pukul 12.20-an rombongan peserta didik dengan 11 motor dan 1 mobil tiba, mereka ada 27 personil. Setelah salam, dan say hello, kami santap siang. Wuiih, lahap banget. Khusuk seperti menegerjakan sebuah tugas yang serius. Setelah makan dan tukar kado, kita putar-putar TMII sambil mampir ke Museum IPTEK, dan berlabuh di Museum Air Tawar setelah sebelumnya tiba di Istana Anak-anak amun dibatalkan. Pada kesempatan ini tak lupa, peserta didikku memberikan hadiah yang berharga dan selalu ku ingat: Karikaturku yang “metal”,  mereka mengambil fotonya dari blog yang uraikan tentang konser Iron Maiden tahun lalu.

Tertawa, bercanda, berfoto, dan konvoi sepertinya telah membuat kami merasa bahagia. Senin bertemu untuk cap 3 jari SKHUN, dan beberepa dari peserta didik berkata: “pak, ke TMII lagi yuk!, jalan-jalan pak!”. Berdasarkan ini semua, menegaskan bahwa kecerian dan kebahagian kami tidak dapat diukur dimana kami berada, namun dari kebersamaan. Kebersamaan inilah yang membuat kami terus merasa satu sama lain adalah SATU. Bye, XII IPS 4. Thanks a lot!.