62 % Ijasah Akta IV (Guru) adalah Palsu

Judul di atas jadi mengingat lirik Band Serius yang menyatakan “rocker juga manusia”, menegaskan bahwa guru juga adalah manusia yang berbuat salah. Pernyataan ini bukanlah pembelaan, bahwa kesalahan itu adalah sebuah ketidaksengajaan, namun sebagai sebuah kesengajaan, sadar mau jadi guru di sekolah dengan cara illegal dan tak bermoral pendidik. Selanjutnya, pendapat Koentjaraningrat dalam salah satu buku kecilnya “Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan” dijelaskan bahwa pada umumnya orang Indonesia gemar dengan perilaku “potong kompas” sehingga proses diabaikan dan mencari jalan pintas walaupun menabrak peraturan (baca: melanggar), sekali lagi, tak terkecuali orang yang berprofesi sebagi guru. Guru yang sudah terpola di ranah norma Indonesia dalah sosok yang mulia, digugu dan ditiru, sepertinya tidak berlaku untuk semua guru. Mayoritas tetap yakin itu, namun selalu saja ada penyimpangan (tidak sesuai dengan keyakinan itu).

Lihat saja pengungkapan polisi di Jawa Timur ini:

Dalam pengungkapan kasus ijazah palsu pada 13 Juni lalu, polisi menyita 428 lembar form S-3 Universitas Merdeka Malang, 439 lembar form S-3 Universitas Darul Ulum Jombang, dan 323 lembar form S-2 Universitas dr Soetomo Surabaya. Akan tetapi, sekitar 1.600-an ijazah palsu sudah terlanjur beredar di masyarakat.

Diantara ribuan ijazah palsu yang beredar itu, 62 persen merupakan ijazah akta IV (guru), 31 persen ijazah S-1, empat persen ijazah S-2, dan satu persen ijazah S-3. Polisi juga sudah menangkap pemalsunya yakni Drs Scpt MM (48) asal Sumenep yang mantan dosen dari salah satu universitas itu. (Sumber)

Ayo pak polisi berantas praktek seperti itu. Kapan ya, kepolisian Jakarta bertindak tegas seperti kepolisisan Jatim?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s