Guru PNS Jakarta Sejahtera

Judul di atas adalah bukan hal yang berlebihan. Itulah yang dapat ditangkap, khususnya oleh mereka yang berbisnis  penjulan mobil. Sekitar beberapa tahun terakhir (selalu saja ada), tidak hanya sekali, sales produk mobil presentasi di saat jam istirahat untuk menawarkan dan tentunya menjual produknya. Hari ini, sales dari Mobil To**** hadir untuk melakukan hal yang sama, jual mobil.

Perlu diketahui, dengan kenaikan gaji PNS secara nasional, dan ditambah tunjangan Pemda DKI yang terbilang tinggi untuk guru berstatus PNS, para sales mobil merasa “PD” masuk sekolah untuk “kejar konsumen, jemput bola”. Ke-PD-an ini dilengkapi tawaran yang “menggiurkan” sebagai berikut:

  1. Promo ini begitu spesial dengan tema: BHAKTI TO**** UNTUK GURUKU: Promo Khusus untuk Guru (Pahlaewan tanpa tanda jasa).
  2. DP Ringan, bahkan sales produk mobil itu berani “melanggar” peraturan BI yang mengharuskan DP sebesar 25%, namun untuk guru ternyata dibawah anka tersebut.
  3. Tenor s/d 5 Tahun.
  4. Bunga Ringan.
  5. 1 Day Approval.
  6. Free Asusu 1015 CX.
  7. Free Lexus Gs250.
  8. Free 3 Paket Servis.
  9. Kesemuanya: syarat dan ketentuan berlaku.

Sekitar 2 tahun lalu, saya telah menuliskan fenomena tersebuy yang menjadi juara pada tahun 2010. Saya menulisnya sebagai berikut:

…khususnya wilayah Jabodetabek, dan terutama di Jakarta, guru-guru berstatus PNS di sekolah negeri dapat dikategorikan dengan ekonomi mapan dan makmur. Naik angkutan umum menuju sekolah, bahkan menjadi pemandangan yang tidak lazim lagi bagi guru model ini, yang ada ialah menungganggi motor terbaru produksi Jepang atau duduk sejuk di dalam mobil pribadi yang baru dibelinya, ada pula yang menghiasi diri dengan jam tangan mahal berikut berbagai perhiasan yang dikenakan dalam lingkungan sekolah, bahkan ketika libur tiba, luar negeri adalah tujuan wisatanya. Untuk urusan transportasi, para penjual kendaraan bermotor beradu cepat mendatangi guru ke sekolah untuk menawarkan dan menjual berbagai produknya, begitu pula penjual perhiasan dan jasa travel. Guru sudah menjadi segmen konsumen yang amat menjanjikan, berbeda 180 derajat sekitar empat tahun lalu bahkan lebih, dimana masih banyak “omar bakri” yang ditemui dengan pemandangan penampilan sederhana yang dimilikinya.

Sekali lagi, adalah benar bahwa Guru PNS Jakarta Sejahtera. Kami, yang berstatus guru honor kapan seperti mereka yang memiliki beban kerja yang sama, namun kesejahteraan timpang ?.

2 thoughts on “Guru PNS Jakarta Sejahtera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s