Wacken: Festival Musik Metal Terbesar di Dunia

1312799551-world-largest-heavy-metal-festival-wacken_781686

Kesenangan saya menonton secara live konser, dan diantara kerumunan manusia saat menikmati musik (metal), menyiratkan sebuah tanya. Konser metal apa yang tergolong terbesar di dunia?.

Tanpa bermaksud berlebihan, dan ini masih butuh penelusuran lebih lanjut, saya sudah menetapkan sebuah konser untuk menjawabnya. Konser yang saya tentukan ini merupakan hasil baca dari beberapa sumber, dan sepertinya “dia-lah satu-satunya” yang pantas untuk menyandang gelar sesuai judul di atas.

Konser dalam kategori ini adalah berbentuk festival, bukan konser sendiri seperti yang pernah saya tuliskan terdahulu dengan judul Konser Rock Terbesar dalam sejarah Indonesia. Sebuah konser musik metal (cadas/keras) dengan format pagelaran (festival) secara bergantian berbagai band selama beberapa hari yang menjadi batasannya. Lalu, tentu saja, sekali lagi, musik keras bergenre metal menjadi acuannya.

Penentuannya bukan hal yang mudah, karena beberapa festival musik metal yang terbilang besar cukup sulit “ditemukan”, setidaknya yang benar-benar ber-genre cadas. seperti diketahui festival musik besar biasanya tidak murni hanya satu genre, seringkali beragam, seperti Pinkpop (Landgraaf, Belanda), Pukkelpop (Hasselt, Belgia), Sziget (Budapes, Hungaria), Reading & Leeds (Reading & Leeds, UK), Coachella (Indio, California, USA), Exit (Novia, Serbia), T in The Park (Kinross, Scotland), Rock al Parqua (bogota, Columbia), Rock Werchter (Werchter, Belgia), Roskilde (Roskilde, Denmark), Reading (UK), Roskilde (Denmark), Bonaroo(Tennesee, USA), Ummerfest (Milmaukee, USA), Fuji Rock (Jepang), Summer Sonic (Jepang), Glastonburry (UK), Lollapalooza (Chicago, USA), Coachella Festival (California, USA), Rock in Rio (Brazil & Portugal), Soundwafe (Australia), 70.000 Ton, Download Festival, LiveaRing, Dynamo Open Air, Hell Fest, Graspop Metal Meeting, dan lainnya.

Semua festival tersebut, sekali lagi, besar eventnya bukan hanya satu genre, khususnya metal. Satu-satunya festival musik metal terbesar adalah Wacken Open air (WOA). Wikipedia menulis tentang Wacken sebagai berikut:

Festival ini digelar di desa kecil Wacken di Schleswig-Holstein, Jerman utara. Pertama kali diadakan pada tahun 1990 untuk band-band lokal di Jerman. Pada tahun 1998 acara ini telah menjadi festival utama di kalender anak metal Eropa dan diisi lebih dari 70 band yang berasal dari seluruh Eropa, Amerika Utara dan Australia. Wacken biasanya diadakan pada akhir Juli hingga di awal Agustus dan berlangsung selama tiga hari, di mana para penonton berkemah di sekitar area festival.

Pada perhelatan tahun 2009, tercatat rekor penjualan, habis terjual pada tanggal 30 Desember 2008. Semua tiket sejumlah 70.000 terjual lebih dari 200 hari sebelum pembukaan festival. Tidak kalah hebatnya, pada 2012 memecahkan rekor (lagi) yakni tiket mampu terjual habis pada 29 November, bagus 8 bulan sebelum pembukaan festival. Wacken mampu menarik semua jenis penggemar musik metal, seperti penggemar black metal, death metal, power metal, thrash metal, gothic metal, folk metal, metalcore, nu metal dan hard rock dari seluruh dunia. Bagi saya, Wacken seperti “konferensi dunia metal”, mereka berdatangan dari berbagai genre metal, dan mereka berasal dari berbagai negara di penjuru dunia….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s