LDKS 27-28 September 2014: Era Baru untuk Solusi Baru

IMG_5166

Sekitar 1 hingga 2 bulan belakangan, persiapan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) telah dilakukan. Awalnya saya diajak bicara mengenai perkembangan keorganisasian siswa, ternyata klik dengan rekan-rekan guru terlebih menyoal perubahan, perbaikan. Masa-masa dulu dengan gaya militeristik tapi pelakunya sipil yang kental nuansa Orde Baru, harus ditinggalkan.

LDKS kali ini, memiliki hingga 3 tahap, dan ada yang tersingkirkan persis dalam Indonesia Idol. Ini dilakukan untuk menyaring yang terbaik dan membuat OSIS lebih terlihat taringnya, bahwa organisasi tersebut bukan sekedar organisasi biasa-biasa saja. Pihak kepolisian, guru yang inginkan perbaikan, dan siswa kelas 12 yang pro perubahan, turut serta dalam 3 tahap tersebut.

Tahap puncak, tanggal 26-27 September 2014, diadakan di Cibubur. Nuansa senioritas terlihat nyaris hilang. Lintas angkatan, kelas 10, 11, dan 12 membaur. Pasal 1 daan pasal 2 yang dikenal dalam keorganisasian di Indonesia, sepakat dihilangkan. Calon Anggota Baru melakukan sesuatu yang kotor-kotoran dan capek-capekan, maka panitia dan kakak kelasnya mencobanya terlebih dahulu.

Kami semua meyakini, proses pendidikan ini dapat memberikan pengalaman yang berguna ketika mereka menjalankan keorganisasian. Ketepatan mengambil keputusan, kecanggihan berargumentasi, dan kegigihan menghadapi tantangan menjadi harapan dalam rangkaian kegiatan LDKS kali ini. Saya merasa lebih semangat dalam mengikutinya, bahkan amat jauh berbeda ketika pertama  kali ikut LDKS di sekolah ini. Semoga sukses, selamat datang generasi baru !

IMG_5170

 

IMG_5174

 

 

 

IMG_5181

 

IMG_5229

 

IMG_5250

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s