Polisi Australia Hentikan Penyelidikan Balibo Five

Polisi nyatakan tidak ada cukup bukti untuk mengungkap pelanggaran.

Selasa, 21 Oktober 2014, 14:41 WIB

Lima jurnalis asing yang tewas dalam insiden di Balibo pada 1975

Lima jurnalis asing yang tewas dalam insiden di Balibo pada 1975 
VIVAnews – Polisi Australia mengatakan telah menghentikan penyelidikan tewasnya lima jurnalis di Timor Timur (kini Timor Leste) pada 1975, yang dikenal dengan kasus “Balibo Five.” Dikutip oleh BBC, hari ini, polisi Australia mengatakan tidak ada bukti yang cukup.
Pada 2007, seorang koroner Australia menyebut lima wartawan asal Inggris, Australia dan Selandia Baru dieksekusi oleh pasukan khusus Indonesia di kota Balibo. Pemerintah Indonesia mengatakan para jurnalis terbunuh dalam insiden saling tembak antara pasukan Indonesia dan kelompok pemberontak.Kepolisian Federal Australia (AFP) membuka penyelidikan atas kematian jurnalis Australia Greg Shackleton dan Tony Stewart, jurnalis Inggris Brian Peters dan Malcolm Rennie, serta Selandia Baru Gary Cunningham pada 2009.

Penyelidikan dilakukan setelah koroner menyebut luka para jurnalis bukan karena ketidaksengajaan, tapi sengaja ditembak atau ditikam. Pengadilan Australia menyebut tiga nama mantan pejabat senior pasukan khusus Indonesia sebagai pemberi perintah eksekusi.

Pada pernyataan resmi, Selasa, AFP menyebut telah memeriksa investigasi secara mendalam dan mengidentifikasi tantangan terkait dengan yuridiksi. “AFP menyimpulkan bahwa tidak ada cukup bukti untuk mengungkap pelanggaran,” disebut dalam pernyataan.

Saat AFP memulai penyelidikan pemerintah Indonesia mengeluarkan peringatan bahwa langkah itu akan mengganggu hubungan kedua negara. Indonesia dituding menginvasi Timor Timur setelah Portugal mundur pada 1975, mengakhiri 450 tahun masa penjajahan.

Sedikitnya 100.000 orang diperkirakan tewas selama 25 tahun masa pendudukan Indonesia. Timor akhirnya memperoleh kemerdekaan secara resmi pada 2002, setelah Presiden Indonesia BJ Habibie setuju menggelar referendum.

Mantan PM Australia Gough Whitlam yang meninggal pada usia 98 tahun hari ini, mengatakan di pengadilan pada 2007 bahwa dirinya sudah memperingatkan para jurnalis untuk tidak datang ke Timor Timur.

One thought on “Polisi Australia Hentikan Penyelidikan Balibo Five

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s