Nussa

Tayangan televisi ternyata masih ampuh memberikan informasi. Menjelang bulan ramadahan saya  melihat iklan “kartun Indonesia bernuansa Islam” akan tayang di Net.Tv. Saat itu kami nonton sekeluarga, dan anak saya terlihat suka. Tak lama kemudian, minta di-download-in dan akan ditonton di tv kamar.Saya pun tidak tahu menahu tentang kartun Nussa. Masuk kerja, langsung saya cari di Youtube.com. Dalam awal minggu Ramadhan, saya mendapatkan hasilnya yang banyak. Video yang saya unduh gelombang pertama semuanya saya tonton terlebih dahulu sebelum saya tayangkan kepada anak. Sesampainya di rumah, saya bilang ke istri: “ma, kartunnya bagus, Islami banget”.

Memasuki gelombang kedua, saya mencari-cari tentang asal muasalah Nussa, khususnya kenapa kaki kirinya memakai kaki palsu.  Bingo, I got it!. Episode yang dimaksud berjudul : Nussa Special : Nussa Bisa.  Apa yang terjdi kedian saat saya menontonnya?. Saya menangis melihat tayangan tersebut, hingga lebih dari tiga kali, bahkan hari Jum’at, 17 Mei 2019, terulang kembali : I cry a tears. Betapa dalam episode tersebut terlihat kegigihan Nussa dalam meraih keinginannya, cita-citanya masuk tim sepak bola sekolahnya (SD). Ingat lho, dia sepaket dengan kekurangannya.

Ini mah nangis bukan karena sedih saja, tetapi juga terharu. Sambil, hari ini, mencari dan mengunduh episode baru Nussa, saya bertemu video dari warga Malaysia yang berjudul: REACTION NUSSA OFFICIAL ! I Bahasa Malaysia. Air mata juga mengalir seperti saya. Ternyata kita serumpun ya soal ini…hehehehe….

Nussa…nussa…film kartun yang mungkin berbekas lama di memori saya, seperti film masa kecil saya hingga kini, diantaranya adalah Saint Seiya, Doraemon, dan Satria Baja Hitam. Nussa recomended untuk pendidikan Isam anak di rumah.

Oya, soal nama, saya menerka-nerka, kalau nama Nussa, adiknya Rara, dan kucingnya yang bernama Anta terkait dengan Indonesia, dalam hal ini adalah Nusantara. Jadi kalau di gabungkan seperti ini : Nussa (kakak) + Anta (kucing mereka) + Rara (adik) = NussaAntaRara –> Nusantara. Kebanggan akan Indonesia juga membawa saya untuk menonton kartun Nussa, yupsz karena di iklan Net.TV headlinenya ialah kartun karya anak bangsa.

So, bravo Indonesia. Yes, We Can !