konsep-perubahan-dan-keberlanjutan-1-638

Masih dalam pembahasan konsep dasar sejarah, pembicaraan menjadi menarik. Seorang dosen mengutarakan, mungkin terlihat sederhana, sebuah pertanyaan sebagai berikut:

Konsep keberlanjutan dalam sejarah dikatakan berbeda bahkan bertolak belakang dengan konsep perubahan. Bagaimana Bapak menjelaskan hal tersebut ?.

Kemudian saya mengutarakan pendapat:

Kedua konsep tersebut, keberlanjutan dan perubahan, adalah benar berbeda, bahkan bertolak belakang. Ini dapat diilustrasikan dalam gambar seperti modul M1KB2 (dibawah), yakni garis lurus panjang dikiaskan sebagai keberlanjutan, dan garis zig-zag atau tidak stabil dibaratkan sebagai perubahan. Proses waktu yang begitu lama, didalamnya terkait unsur masa lalu, masa sekarang, bahkan masa depan, adalah kepunyaan konsep keberlanjutan, sedangakan proses waktu yang relatif singkat/cepat dan terkesan tidak stabil adalah milik perubahan, walaupun harus diakui ada pula perubahan yang berlangsung lama. Perubahan didentikkan dengan hasil revolusi dengan 3 kesatuan: Ideas -> Great Man -> Revolusi. Keberlanjutan dilabelkan karena ada keterkaitan antar peristiwa sejarah, tidak berdiri sendiri. Disinilah titik perbedaannya, bahkan bertolak belakang.

sejrh1

Ketika kita membahas sejarah Indonesia, dapat diuraikan proses proklamasi kemerdekaan 1945 dan Reformasi 1998 sebagai aktualisasi bentuk Konsep Perubahan. Masih dalam sejarah Indonesia, ketika kita membahas Nasionalisme, wujud dari Konsep keberlanjutan dapat diuraikan sejak Jaman Kertanegara, Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya hingga Sumpah Pemuda Tahun 1928, bahkan dapat ditarik hingga hari ini, dimana Nasionalisme tetap menjadi isu kuat dalam terpaan globalisasi.

Dengan demikian, Konsep Keberlanjutan melihat peristiwa sejarah tidak berdiri sendiri akan tetapi selalu terkait tidak terpisahkan dengan peristiwa lain dan itu bergulir dalam waktu yang lama. Berbeda dengan keberlanjutan, Konsep Perubahan menegaskan dapat terjadi dengan dengan singkat. Peristiwa sejarah dalam Konsep Perubahan terjadi dalam kurun waktu yang cepat.

 

Sumber Gambar,

SG