Sistem+dan+Struktur+Sosial

Diskusi kali ini tentang Hindu dan Budha telah mengubah kebudayaan di Indonesia.

“apa yang berubah dalam struktur sosial politik masyarakat di  Nusantara setelah mereka memeluk agama Hindu dan Budha?’, tanya seorang dosen.

Yang berubah dalam strruktur sosial politik masyarakat di  Nusantara setelah mereka memeluk agama Hindu dan Budha adalah Struktur Sosial pada masyarakat Nusantara digolongkan menjadi kasta-kasta, yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Sedangkan pada struktur politik, maka sistem pemimpin dan penguasa komunitas dalam bentuk asli Nusantara dikenal sebagai Kepala Suku berubah menjadi Raja dalam sistem kerajaan. Dahulu, siapa yang terkuat dan memiliki atau didukung kekuatan magis maka menjadi pemimpin atau penguasa (Kepala Suku), kini setelah terpengaruh Hindu Budha, pemimpin atau penguasa berdasarkan garis keturuanan. Berikut legitimasi melalui silsilah dan keyakinan bahwa raja adalah sebagai living God – Titisan Dewa, maka raja menjadi pemimpin atau penguasa Kerajaan.

Dengan demikian, struktur sosial secara permanen sebagai pemasok legitimasi struktur politik. Brahmana sebagai kasta teratas, mengukuhkan raja sebagai titisan dewa, dan kasta Ksatria kemudian memelihara dan mengawetkan kekuasaan sebagai The Living God.

 

Sumber Gambar