Harap diperhatikan:

  1. Jangan lupa berdo’a.
  2. Waktu ujian adalah 60 menit, dimulai pukul 08.00-09.00 WIB.
  3. Cantumkan nama lengkap dan kelasmu.
  4. Hindari penggunaan kata dengan singkatan (sedang -> sdg).

 

Selamat menempuh PTS (Penilaian Tengah Semester) Ganjil 2019.

 

Perhatikan Uraian berita dibawah ini !. Silahkan jawab pertanyaannya !

 

Demo Pelajar STM dari Siang hingga Dini Hari

Jakarta – Setelah mahasiswa melakukan aksi demo, kali ini siswa Sekolah Teknik Menengah (STM) yang turun untuk aksi demonstrasi di sekitar Gedung DPR, Jakarta, Rabu 25 September 2019. Demo berjalan cukup tenang, sehingga polisi tidak menembakkan gas air mata ke pelajar STM.

Namun, aksi yang dimulai pada siang hari itu ternyata tidak kunjung usai hingga sore hari. Menjelang maghrib, demo pelajar berujung ricuh sehingga polisi akhirnya menembakkan gas air mata. Para pelajar STM itu terus bertahan di sekitar Gedung DPR hingga dini hari.

Demo STMSiswa STM/SMA sedang berpose di Jalan Tol mengarah ke Senayan, bertujuan melakukan aksi demo penolakan sejumlah RUU di Gedung DPR, pada Rabu, 25 September 2019. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Demo STMKerusakan fasilitas umum yang disebabkan oleh siswa STM pada saat aksi demo penolakan sejumlah RUU di belakang Gedung DPR, Senayan, pada Rabu, 25 September 2019. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Demo STMAparat Kepolisian berjaga setelah memukul mundur Pelajar STM. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Demo STMSalah satu pendemo tertangkap oleh aparat Kepolisian. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Demo STMPelajar menghindari gas air mata saat terlibat bentrok dengan polisi ketika melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Jalan Layang Slipi, Petamburan, Jakarta, Rabu, 25 September 2019. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Demo STMPelajar menyulut kembang api ke arah polisi saat melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Pejompongan, Jakarta, Rabu, 25 September 2019. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Demo STMPolisi menembakkan gas air mata saat bentrokan terjadi di kawasan Palmerah, Jakarta, Rabu, 25 September 2019. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Demo STMSuasana aksi kericuhan saat aksi unjuk rasa di kawasan Pejompongan, Jakarta, Kamis, 26 September 2019. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Demo STMSejumlah pelajar melakukan aksi unjuk rasa menentang UU KPK hasil revisi dan RKUHP yang berujung ricuh di kawasan Palmerah, Jakarta, Rabu, 25 September 2019. (Foto: Antara/Nova Wahyudi). (Sumber)

 

 

Pertanyaannya:

  1. Jelaskan peristiwa di atas berdasarkan cara pandang sosiologi! (gunakan materi-materi pada pelajaran sosiologi untuk menjelaskan peristiwa tersebut)
  2. Buatlah kesimpulannya !

 

 

Sukses untuk Kalian Semua. Manfaatkan waktu 1 jam ini untuk hasilkan pencapaian yang gemilang !